Kamis, 18 Oktober 2012

Cukupkah Nutrisi Anda dan Si Buah Hati


          Upaya memenuhi kebutuhan gizi, sebaiknya sudah harus dimulai sejak awal kehamilan. Di tahap awal ini, (minggu pertama hingga minggu ketujuh), tengah berlangsung fase embrio atau fase dimulainya pembentukan berbagai organ vital janin. Di antaranya sistem saraf pusat dan otak, sistem peredaran darah, sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem penginderaan dan sistem kelamin.
          Dibanding organ-organ lain, pembentukan sistem saraf pusat dan otak tergolong paling awal terjadi. proses pembentukannya telah dimulai sejak minggu ke 9 dan puncaknya terjadi pada minggu ke 20 dengan terjadinyaproses pertumbuhan sel neuron otak. Tentu saja untuk bisa tumbuh atau memperbanyak diri, sel-sel otak janin membutuhkan asupan zat gizi dari ibu. Bila kebutuhan gizi tidak terpenuhi, kemungkinan pertumbuhan sel-sel otaknya tidak optiimal, bahkan bisa terjadi kecacatan permanen atau berbagai kelainan fungsi alat-alat tubuh. Resiko ini tentu amat berpengaruh pada tingkat kecerdasannya.

Energi

          Energi dibutuhkan untuk mematangkan sel-sel neuron demi kelangsungan proses "bekerja " otak. Energi dapat diperoleh melalui glukosa yang dikenal sebagai penghasil energi yang utama. ENERGI INI DIBUTUHKAN OELH SISTEM SARAF OTAK. Perlu diketahui, pada bulan pertama kehamilan lebih dari 50 % glukosa dibutuhkan dalam metabolisme otak.

Protein

          Protein diperlukan untuk pembentukan jaringan baru. Salah satunya adalah pembentukan sel-sel otak dan penghantar impulse (rangsangan) di otak. Protein bisa diperoleh dari daging hewanatau kacang-kacangan sebagai sumber protein nabati seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan sebagainya.

Vitamin

Viamin dibutuhkan untuk melancarkan proses biologis yang berlangsung dalam tubuh ibu dan janin.


  • Vitamin A untuk pertumbuhan
  • Vitamin B 1 dan B 2 sebagai penghasil energi
  • Vitamin B12 untuk perkembangan sistem saraf dan pembentukan Hb/hemoglobin
  • Vitamin C untuk membantu sintesa protein dan penyerapan zat besi guna pencegahan anemia
  • Vitamin D membantu penyerapan kalsium
Mineral
  • Kalsium yang bermanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi serta persendian janin dapat diperoleh dari susu, telur, keju, kacang-kacangan dan sumber lainnya.Bila kebutuhan janin tidak terpenuhi, maka kalsium akan diambil dari cadangan pada tulang ibu.Kekurangan mineral ini bisa menyebabkan tulang keropos/osteoporosis.
  • Zat besi bermanfaat dalam pembentukan hemoglobin, kekebalan tubuh, dan proses pembentuka myelin di otak.Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rendahnya kemampuan berkonsentrasi anak. Selain memicu terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah, zat besi diperoleh pada sayuran berwarna hijau seperti kangkung, bayam, daun singkong, disamping hati dan daging.
  • Yodium bermanfaat untuk membantu metabolisme energi, pembentukan hormon tiroid, perkembangan sistem saraf dan pertumbuhan otak serta proses myelinisasi sel-sel saraf otak. bahan makanan sumber yodium diantaranya ikan laut.
          ASI memiliki seluruh kandungan gizi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem saraf demi meningkatkan kecerdasan bayi. Penelitian membuktikan bahwa IQ pada bayi yang mendapat ASI ternyata 4,3 poin lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4,6 poin lebih tinggi pada usia 3 tahun dan 8,3 poin lebih tinggi pada usia 8,5 tahun jika dibandingkan dengan sesama bayi yang tidak mendapat ASI.
          Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) sebaiknya dilakukan saat anak telah memasuki usia 6 bulan. Yang juga patut diingat, berikan makanan secara bertahap, baik dari posisi maupun dari tingkat kepadatannya. Ditahap awal, berikan MPASI dalam jumlah sedikit saja. Selanjutnya, sedikit demi sedikit tambah porsinya sesuai kapasitas kebutuhan bayi.

Khusus untuk perkembangan otak anak, ada beberapa nutrisi yang sangat  berperan, yaitu :
  • Asam Lemak  Essensial  Tak Jenuh Ganda.
          Yang termasuk kategori ini adalah asam lemak Omega 3 dan asam lemak Omega 6. Kekurangan asam lemak essensial akan membuat sel-sel neuron akan mengalami kekurangan energi untuk proses tumbuh kembangnya. Padahal asam lemak essensial ini tidak dapt dibentuk dalam tubuh dan harus dipasok dari langsung dari ASI dan MPASI. Asam lemak omega 3 terdapat pada minyak dari biji-bijian, seperti minyak kedelai,minyak bunga matahari, minyak jagung, minyak wijen, dan lainnya. Sumber asam lemak omega 6 umumnya pada sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, lalu kacang-kacangan dan minyak sayur (jagung, wijen). Sedangkan penganan yang sudah mengandung DHA diantaranya ikan laut dalam, seperti tuna, salmon dan gindara.
  • Kolesterol, adalah komponen utama pembentukan sel otak dan saraf. Sumber makanan yang banyak kolesterol adalah otak, udang, kuning telur dan sebagainya.
          Tehnik memasak juga patut diperhatikan waktunya. Jangan sampai terlalu lama. baik itu direbus, dikukus, dipanggang, atau digoreng. Merebus dan mengukus terlalu lama dapat menghilangkan kandungan vitamin yang larut dalam air seperti vit. B dan C.
Cara merebus yang paling baik adalah dengan mendidihkan air terlebih dahulu, kemudian baru masukkan bahan makanannya dan rebuslah selama 2-3 menit saja. Tehnik memasak dengan membakar di atas arang sebaiknya dihindari karena proses tersebut menghasilkan zat karsinogenik, terutama bila bahan makanannya mengandung lemak. Kelak akumulasi zat karsiogenik ini dikhawatirkan menjadi pemicu penyakit kanker.

Produk CNI

          CNI yang peduli dengan kesehatan bangsa, memiliki produk-produk makanan kesehatan yang sangant bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Empat serangkai produk makanan kesehatan CNI yakni, CNI Sun Chlorella, CNI Ester C Plus, CNI Marine Organic Calcium dan CNI Phyto Lite.
Emapat serangkai ini akan mampu membantu proses pembentukan janin secara sempurna, menyehatkan ibu sekaligus janinnya.

CNI Sun Chlorella


Terbuat dari ganggang hijau air tawar yang memiliki kandungan nutrisi yang paling lengkap, yaitu : protein, lemak, karbohidrat, serat, klorofil, beta karoten, vitamin dan mineralnya. Selain itu, juga mengandung asam amino essensial yang lengkap. CNI Sun Chlorella sangat bermanfaat untuk ibu hamil, mempercepat perbaikan jaringan tubuh, meningkatkan fungsi pembuangan racun, membantu regenerasi sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak.
Untuk ibu hamil, konsumsilah CNI Sun Chlorella 2x5 tablet sehari agar bayi anda tercukupi asupan gizinya.

CNI Ester-C Plus


Adalah vitamin C dengan ikatan-ikatan metabolik dan kalsium. Ester C Plus adalah vitamin C generasi ketiga dengan pH netral, sehingga aman untuk lambung, lebih cepat diserap oleh tubuh dan lebih lama disimpan dalam tubuh. Ester C Plus sangat baik sekali untuk ibu hamil dalam meningkatkan sistem imun tubuh dan anti oksidan. Dosis bagi ibu hamil 2 x 1 tablet per hari.
CNI Marine Organic Calcium

Adalah kalsium alami, terbuat dari bahan alam karang laut yang mengandung kalsium, magnesium,dan lebih dari 70 macam mineral lainnya, serta dikombinasikan dengan vitamin D3 untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.
Untuk ibu hamil, MOC sangat berguna untuk meningkatkan densitas tulang dan mencegah osteoporosis, menjaga level kolesterol dan menjaga tekanan darah, membantu proses pembekuan darah dan pemeliharaan membran sel, menjaga kesehatan jantung, menjaga keseimbangan asam/basa cairan tubuh, dan mengatasi osteoartris. Dosis untuk ibu hamil 2 x 1 per hari.

CNI Phyto Lite

Phyto Lite adalah makanan kesehatan alami, mengandung herbal dari Cina seperti Craetagus Pinnatifida (Shanza), Schisandra Chineosis (Wu Wei Zhi), dan mineral Zinc (seng). Jika anak telah lahir dan sudah mencapai usia minimal 2 tahun, maka Phito Lite adalah pilihan tepat untuk anak, karena bermanfaat untuk membnatu pertumbuhan fisik anak (terutama tinggi badan), membantu perkembangan mental, membantu daya ingat dan analisis, membantu perkembangan sistem reproduksi dan membantu proses pencernaan dan penyerapan zat gizi. Dosis pemakaian 1/2 tablet perhari untuk anak usia 2-3 tahun, 1 tablet per hari untuk anak-anak 3 - remaja, dan 1-2 tablet per hari untuk dewasa.
Diambil dari CNI news Mei 2005.



Produk CNI Sun Chlorella, Ester-C Plus, Cni Marine Organic Calcium, dan Cni Phyito Lite bisa  anda pesan melalui hp 081366681595 dengan satu harga Rp. 767.000,- ( CNI Sun Chlorella 300 tablet Rp.350.000,-  CNI Ester C 40 tablet Rp.100.000,-  CNI Marine Organic Calcium 40 tablet Rp.107.000,-  dan CNI Phito Lite 20 tablet Rp.210.000,-) 
Dengan cara transferkan dana anda ke Mandiri Syariah Rek.No.7041831639  atau BCA  Rek.1191879118 an. Bambang. Produk akan kami antar langsung kealamat anda, gratis (khusus dalam kota Jambi), Untuk luar kota Jambi + ongkos kirim. 
Atau link ke kantor kami DC BH 705 Jl.H.Adam Malik No.101 Kel.Handil Jaya Kec.Jelutung Tlp.074142323.          
Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat untuk kita dan keluarga tercinta.



0 komentar:

Posting Komentar